Jumat Curhat: Kapolresta dan Kapolsek Batu Ampar Tanggapi Langsung Keluhan Warga 

Jumat Curhat: Kapolresta dan Kapolsek Batu Ampar Tanggapi Langsung Keluhan Warga 

Smallest Font
Largest Font

GMN Batam - Polresta Barelang dan jajaran Polsek Batu Ampar secara langsung mendengarkan keluhan dari tokoh masyarakat serta masyarakat Kec. Batu Ampar pada kegiatan Jumat Curhat di Kantor Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Jumat (12/1/2024) ini.

Kapolsek Batu Ampar, Kompol Dwihatmoko Wiroseno. S.H., S.I.K., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan pada kegiatan Jumat Curhat ini. 

“Kami berharap keluhan masyarakat khususnya di Kecamatan Batu Ampar dapat menjadi pedoman kerja di lingkungan Polsek Batu Ampar,” ujarnya. 

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan Polri dengan masyarakat, serta mendengarkan langsung keluhan masyarakat dan menindaklanjuti pengaduan masyarakat. 

“Mudah-mudahan keluhan masyarakat khususnya Kec. Batu Ampar dapat menjadi pedoman kerja di lingkungan Polsek Batu Ampar dan membuat situasi di Kecamatan Batu Ampar aman dari gangguan kamtibmas,” jelasnya. 

Sementara itu, Camat Ridwan Nur Salatsa S.I.P., M.H mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kapolresta Barelang dan Kapolsek Batu Ampar pada momen Jumat Curhat ini,

Disampaikannya, bahwa pihaknya sangat menyambut baik diadakannya kegiatan Jum'at Curhat yang selama ini selalu dilakukan oleh Kapolresta Barelang dan Kapolsek Batu Ampar, khususnya Polsek Batu Ampar. 

“Dengan adanya kegiatan ini kita bisa segera mengetahui keluhan dan permasalahan yang ada di masyarakat dan dapat ditindaklanjuti,” kata Ridwan.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol. Nugroho mengatakan bahwa kehadirannya bersama jajaran Polsek Batu Ampar sebagai bentuk kepedulian kami (Polri) untuk mendengarkan langsung dan menyikapi keluhan masyarakat. 

Dia juga menyampaikan harapannya agar konflik masyarakat khususnya di Kecamatan Batu Ampar dapat segera diselesaikan, sehingga situasi kamtibmas di lingkungan Polsek Batu Ampar dapat selalu aman dan terkendali. 

Lanjut Nugroho menuturkan, bahwa Jumat Curhat ini merupakan program Kapolri yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayah kelurahan bahkan di lingkungan RT dan RW sekali pun.

“Dengan adanya kegiatan ini kita bisa langsung mengetahui keluhan dan permasalahan yang ada dan bisa dirasakan sendiri oleh warga,” jelasnya. 

Kemudian, Nugroho pun menyampaikan sarannya untuk menghubungi langsung di nomor pribadinya 085243888007 atau ke Kapolsek Batu Ampar. 

Ada pun sisi dari kegiatan Jumat Curhat ini yang ditelaah langsung oleh Kapolresta Barelang terkait aduan masyarakat khususnya Kecamatan Batu Ampar.

Bapak Ahmad Dasuki dari kelurahan Batu Merah menyampaikan usulannya agar Siskamling di seluruh kelurahan Batu Ampar diaktifkan kembali. Dan di wilayahnya Mobil atau sepeda motor kerap memarkirkan kendaraannya di Bahu jalan, sehingga menimbulkan kemacetan. 

"Kami mohon agar setiap bulannya Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan rapat di wilayah masing-masing peran polisi khususnya di kecamatan batu ampar agar ditingkatkan kembali," tutur Ahmad Dasuki, dari kelurahan Batu Merah. 

Kemudian dijawab oleh Kapolresta, dia menyampaikan sebelumnya sudah dicoba untuk membangkitkan siskamling dengan cara membuat perlombaan Siskamling terbaik di tingkat Kota, Provinsi, hingga Nasional.

Kami dari pihak kepolisian akan mencoba memonitor kembali ke lapangan. Dan terkait parkir sembarangan diharapkan, dapat langsung menghubunginya untuk memberikan informasi. 

Kemudian, kami dari Polresta Barelang mengarahkan bhabinkamtibmas agar melaksanakan kegiatan tersebut. 

Kami dari Polresta Barelang akan berkordinasi dengan Polsek Batu ampar terkait permasalahan tersebut di wilayah batu ampar.

Sesi Kedua oleh Bapak Dahlan Kelurahan Tanjung Sengkuang menyampaikan Laporan Polisi yang saya buat di Polresta Barelang terkait tindak pidana penipuan Online pada 27 Juli 2023, namun sampai sekarang belum ada tindakan dari pihak penyidik.

Kemudian dijawab oleh Wakasat Reskrim terkait adanya laporan penipuan online yang belum ditindaklanjuti.

"Kami dari Sat Reskrim Polresta Barelang sudah menindaklanjuti, namun sampai sekarang masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut," ujarnya. 

Sesi Ketiga oleh Bapak John Kelurahan Jodoh meminta agar patroli di wilayah batu ampar lebih di tingkatkan lagi, agar Masyarakat Batu Ampar merasa lebih aman. 

Kemudian di jawab oleh bapak Kapolresta Barelang menyampaikan, saya akan arahkan Batara Biru Polsek Batu Ampar agar melakukan mobile setiap hari di wilayah hukum Polsek Batu Ampar guna meningkatkan rasa aman bagi masyarakat.

Selanjutnya Sesi terakhir oleh Bapak Yusrizal Kelurahan Seraya kami ingin bertanya kepada Ibu Kasat Lantas terkait Pak Ogah yang sering melakukan pengaturan di simpang-simpang jalan, apakah kegiatan seperti itu boleh.

Kasat Lantas, menyampaikan kegiatan seperti itu tidak boleh dilakukan, apabila bapak membutuhkan pihak Kepolisian, maka silahkan informasikan. 

"Pihak Polsek Batu Ampar atau kepada kami langsung. kami pasti akan langsung menindaklanjutinya" katanya. 

Sebelum kegiatan Jumat Curhat berakhir, Kapolresta Barelang juga menyampaikan, bahwa kita akan menghadapi pesta demokrasi pemilu 2024.

"Saya berharap dalam pemilu damai ini jangan ada yang mengirim atau menyebar pemberitaan hoax," kata Nugroho.

Menurutnya Silahkan bapak/ibu memilih sesuai dengan hati nurani.

"Kami TNI dan Polri tetap menjaga netralitas terkait pemilu," ungkapnya. 

Menurutnya, beda pilihan itu biasa dan suatu daerah belum tentu menentukan kemenangan.

"Mari bersama-sama kita menjaga situasi Pemilu yang aman dan Kondusif, dan semoga pertemuan ini bermanfaat bagi kita semua," sambungnya. 

Terakhir dalam imbauannya juga meyakinkan dan memastikan jika ada permasalahan di luar Jum'at Curhat ini silahkan hubungi saya, pasti akan saya tindak lanjuti 24 jam. (Ws)

Editors Team
Daisy Floren