Jumat Curhat: Polda Kepri Terapkan Nusantara Cooling System di Pemilu 2024, Tangkal Hoax

Jumat Curhat: Polda Kepri Terapkan Nusantara Cooling System di Pemilu 2024, Tangkal Hoax

Smallest Font
Largest Font

GMN Batam – Guna menghadapi pesta pemilu 2024 mendatang, Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., membuka kegiatan (Jumat Curhat) 'Operasi Nusantara Cooling System' Polda Kepri yang dilaksanakan di Hotel Golden View Batam. Jumat (8/12/2023).

Pada kegiatan itu dihadiri oleh Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si., Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H., S.I.K., M.H., serta Pejabat Utama Polda Kepri.

Lalu turut serta dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri KH Bambang Maryono, Komisioner KPU Provinsi Kepri Jernih Millyati Siregar, S.Ag., M.Pd., Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Para Pimpinan Redaksi Media se-kota Batam.

Pada sambutan oleh Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa salah satunya tujuan dari kegiatan ini dari Operasi Nusantara Cooling System guna meminimalisir isu-isu sara, provokatif. dan juga hoax saat jelang pemilu 2024 ini.

Disampaikan Asep, Pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang semakin dekat membuat masyarakat menuntut adanya netralitas yang harus dijaga oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Serta, juga dari jajaran tentara nasional indonesia (TNI) dan kepolisian republik indoensia (Polri). maka, dari itu pihaknya menegaskan memastikan untuk tetap netral dalam kontestasi pemilu 2024.

"Menjelang Pemilu 2024 ini, peran media tentu sangat penting dalam menjaga kondusifitas dan keseimbangan informasi di media, termasuk meredam hoaks dengan pemberitaan yang akurat dan terkonfirmasi kebenarannya," ucap Brigjen Pol, Asep. 

Oleh sebab itu, pihaknya berharap bahwa kawan-kawan dari Pers agar saling berkoordinasi terkait isu-isu terkini. agar, apa-pun informasi yang disampaikan ke masyarakat sesuai fakta dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Kita telah memasuki tahapan kampanye, tentu tahapan pesta demokrasi 2024 ini, dapat berjalan aman, sejuk dan damai,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabidhumas Polda Kepri, Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menyampaikan dalam menghadapi pemilu yang akan berlangsung 67 hari lagi secara serentak, Polda Kepri membentuk Operasi Mantap Brata menjelang Pemilu 2024 di Kepulauan Riau.

Operasi Mantap Brata itu sebut Pandra, di bentuk sebanyak 7 Satgas. salah satunya dari Satgas Humas. yang berkewajiban untuk memberikan informasi yang cepat, tepat, dan akurat saat di pesta pemilu mendatang ini. 

Kemudian sebut Pandra menyampaikan, Polda Kepri melibatkan lebih dari 8.136 personel dari wilayah Polda Kepri dan Polres wilayah Jajaran yang disebar untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses Pemilu.

Dalam suasana yang krusial itu, terutama menjelang tahapan kampanye, Pandra menegaskan pentingnya netralitas, transparansi informasi, dan pengawasan terhadap penyebaran hoaks di media sosial, menjadi fokus utama Polda Kepri.

"Dengan pemetaan risiko, upaya preventif, dan represif guna menghindari, memprediksi mengantisipasi, serta meredam potensi gangguan. sehingga tidak menjadi ambang gangguan maupun gangguan nyata," ujarnya. 

Terhadap itu, pihaknya juga akan terus berkomitmen memastikan keamanan serta menegakkan aturan demi pemilu yang bermartabat, berlangsung aman dan damai.

Pada himbauannya Kabidhumas Polda Kepri Kombes Pol Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., juga meminta kepada masyarakat bahwa agar untuk bersikap cerdas. serta melakukan konfirmasi. serta cek dan ricek atas informasi. 

"Kedepankan saring sebelum sharing, tidak mudah terpengaruh oleh berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. dan tidak melakukan tindakan yang dapat berpotensi terjadinya pelanggaran yang berakibat merugikan diri sendiri dan orang lain. serta mari bersama-sama kita menjaga situasi kamtibmas, yang aman dan kondusif di wilayah Provinsi Kepri,” tandasnya.. (Ws)

Editors Team
Daisy Floren