Polres Bintan Prakarsai Rapat Kesiapan Jelang Nataru Secara Serentak 

Polres Bintan Prakarsai Rapat Kesiapan Jelang Nataru Secara Serentak 

Smallest Font
Largest Font

GMN Bintan - Polres Bintan mengawali rapat koordinasi pelaksanaan kesiapan menyambut perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Kabupaten Bintan. Rapat kesiapan itu digelar di ruang rapat 2 Kantor Bupati Bintan, Selasa (12/12/2023). 

Rapat kesiapan tersebut dihadiri Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M dengan membawa serta Kapolres Bintan, Kasat Intelkam dan Kapolres Bintan. 

Selain Polres Bintan, rapat kesiapan juga dihadiri Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, S.I.P., Sekda Bintan Ronny Kartika, S.STP., M.M., FKPD Kabupaten Bintan, OPD Kabupaten Bintan, Ketua FKUB Kabupaten Bintan, serta unsur terkait lainnya yang terlibat dalam perayaan Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024. 

Dalam pertemuan tersebut, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M mengatakan, rawannya perayaan Natal 2023/2024 disebabkan oleh perayaan Natal 2023. Perayaan Natal/Kegiatan Kampanye Pemilu 2024 dilaksanakan secara serentak. 

“Jadi sosialisasi dan edukasi penting untuk mencegah potensi kerawanan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” ucapnya.

Ia juga akan mengimbau masyarakat yang berlibur atau mudik dan keluar rumah dalam jangka waktu lama agar memberitahukan kepada Perangkat Desa atau RT serta Bhabinkamtibmas. 

“Kami pastikan informasikan kepada masyarakat, bagi mereka yang akan berlibur atau mudik pada Natal dan Tahun Baru 2024 agar melapor ke perangkat desa/kecamatan tempat tinggalnya,” tutur Riky Iswoyo. 

Disampaikannya, Polres Bintan beserta jajarannya juga siap menerima kiriman barang berupa kendaraan, bagi masyarakat yang sedang berlibur atau mudik dalam waktu lama selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kasat Intelkam Polres Bintan menjelaskan potensi kerawanan yang akan terjadi saat perayaan Natal dan Tahun Baru, termasuk kasus korban tenggelam di Pantai Trikora. 

“Saat itu terjadi kecelakaan yang melibatkan pengemudi yang terjatuh ke laut saat menaiki kapal Roro, sehingga perlu adanya antisipasi jika terjadi kecelakaan oleh petugas dan instansi terkait serta pengusaha,” katanya. 

Berikutnya, Kapolres Bintan AKP Monang Silalahi, S.H. menyampaikan perhatian terhadap perayaan Natal dan Tahun Baru 2023/2024, pelayanan dan keamanan mudik pada perayaan Natal dan Tahun Baru, agar dapat dilaksanakan secara terpadu, sistematis, dan sepenuh hati. 

“Sehingga perlu adanya sosialisasi dan publikasi terhadap seluruh kebijakan yang ditetapkan pemerintah pada perayaan Natal, agar masyarakat dapat mengetahui informasi dan peraturan yang ditetapkan,” ucapnya. 

Ia juga mengatakan Polres Bintan siap meningkatkan kegiatan preventif baik berupa penjagaan, patroli, pengawasan, dan pengamanan. 

Pihaknya juga memperkuat lokasi Pos Pengamanan Ops Lilin Seligi 2023 dengan dukungan instansi terkait dan Brimob. 

"Pengerahan personel di beberapa titik menjadi pemusatan massa dan kawasan yang berpotensi menimbulkan gangguan nyata terhadap perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, bahkan Polres Bintan sudah memastikan adanya sterilisasi di tempat-tempat yang akan digunakan,” ungkapnya.

Hasil pertemuan tersebut, seluruh peserta yang mengikuti pertemuan menyatakan dukungannya seperti yang disampaikan GM PT. ASDP siap mendukung kelancaran Natal dan Tahun Baru 2023/2024 dengan menyiapkan 10 kapal. 

Begitu pula dengan GM PT. PELINDO siap mendukung kelancaran Natal dan Tahun Baru 2023/2024 dengan menyiapkan 5 Unit Kapal diantaranya PT. Pelni siap mendukung kelancaran Natal dan Tahun Baru 2023/2024 dengan menyiapkan 4 Unit Kapal. 

Sementara itu Danlanal Bintan dalam pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menyiagakan Posal, peleton siaga bencana, dan peleton pengamanan Nataru serta siap mendukung Pemkab Bintan dan Polres Bintan dalam pengamanan perayaan Natal 2023/2024. 

Kemudian, Kodim 0315/Tanjungpinang siap mendukung Pemkab Bintan dan Polres Bintan dalam pengamanan perayaan Natal 2023/2024. 

Sebelum rapat selesai, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, S.I.P. menyampaikan bahwa kegiatan pada hari ini diharapkan dapat menjamin kelancaran aktivitas masyarakat Kabupaten Bintan dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 di Kabupaten Bintan.. (Ws)

Editors Team
Daisy Floren