Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran 2024: Jumat Curhat Kapolres Bintan Dengan Masyarakat Tanjung Uban 

Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran 2024: Jumat Curhat Kapolres Bintan Dengan Masyarakat Tanjung Uban 

Smallest Font
Largest Font

GMN Bintan - Kepolisian Resor Polres Bintan secara langsung bertatapan muka dengan masyarakat Kec. Tanjung Permei. Seri Kuala Lobam untuk menampung aspirasi dan keluhan masyarakat. Acara Jumat Curhat tersebut yang digelar di Aula Kantor Desa Tanjung Permai, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Jumat (5/4/2024). 

Jumat Curhat tersebut yang digagas sebagai upaya bersama membahas permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungan Kecamatan Tanjung Permai jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H. 

Dalam kesempatan itu, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K. , M.M menyampaikan pentingnya kolaborasi antara kepolisian, tokoh masyarakat, dan tokoh masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar, guna menciptakan situasi aman dan kondusif. 

“Jumat Curhat merupakan wadah yang sangat baik untuk mendengarkan aspirasi dan keluh kesah masyarakat. Dengan berdiskusi bersama, kita dapat menemukan solusi yang tepat untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban sosial di Kecamatan Tanjung Permai,” kata Kapolres Riky. 

Ia mengatakan, Jumat Curhat merupakan program Kapolri yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia agar masyarakat diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman, menyampaikan keluh kesah, dan memberikan masukan terkait keamanan di wilayahnya. 

Dalam kesempatan itu, beberapa isu yang dibahas terkait pencegahan kejahatan, peningkatan patroli keamanan, dan upaya kolaboratif untuk membangun lingkungan yang lebih aman dan nyaman. 

Salah seorang yang enggan disebutkan namanya mengapresiasi Kapolres Bintan hadir pada kesempatan tersebut dan menyampaikan kendala atau permasalahan yang dihadapi masyarakat Desa Tanjung Permai menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H. 

“Kami sangat mengapresiasi Kapolres Bintan yang bersedia menghadiri acara Jumat Curhat di kecamatan kami,” ujarnya. 

Ia, meminta pihak kepolisian untuk selalu meningkatkan patroli di perumahan atau permukiman masyarakat, karena beberapa rumah ada ditinggalkan saat lebaran di kampung halamannya. jadi rumah tentu sangat rentan terhadap pencurian. 

Mendengar permintaan tersebut, Kapolres Bintan langsung merespons dan berjanji akan meningkatkan dan mengintensifkan patroli di kawasan pemukiman. “Kami akan meningkatkan patroli di perkampungan dan pemukiman warga untuk mengantisipasi pencurian rumah masyarakat yang ditinggalkan untuk mudik,” kata Kapolres Bintan. 

Ia juga menghimbau, khususnya masyarakat Kabupaten Bintan yang akan mudik, agar memberitahukan tetangga terdekatnya dan menitipkan rumahnya yang ditinggalkan. Kemudian bisa memberi tahu polisi melalui Bhabinkamtibmas. Apabila meninggalkan kendaraan baik sepeda motor, maupun mobil harap menitipkannya di kantor polisi terdekat, baik di Polsek maupun di Polres. 

"Selanjutnya, jangan lupa menjaga keselamatan saat keluar rumah. matikan listrik yang tidak perlu, pastikan kompor sudah dimatikan. dan, yang lebih penting jangan lupa mengunci semua pintu," kata Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo S.I.K.,M.M. 

Setelah kegiatan Jumat Curhat selesai, dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial dari Kapolda Kepri yang diserahkan kepada perwakilan masyarakat Desa Tanjung Permai.

Kapolres Bintan yang didampingi oleh oleh Kasat Binmas Polres Bintan AKP Edi Supandi, Kapolsek Bintan Utara Kompol Suwitnyo, S.H., Camat Seri Kuala Lobam, Lurah Tanjung Permai, dan juga dihadiri oleh staf pemerintah Kelurahan Tanjung Permai serta tokoh masyarakat setempat.

Editors Team
Daisy Floren