Kepala Kesbangpol Kabupaten Pesawaran Hadiri Penerimaan Dan Pelepasan Mahasiswa KKN UGM Tahun 2023

Kepala Kesbangpol Kabupaten Pesawaran Hadiri Penerimaan Dan Pelepasan Mahasiswa KKN UGM Tahun 2023

Smallest Font
Largest Font

GMN Pesawaran - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona berharap para mahasiswa KKN dari  Universitas Gajah Mada dapat melakukan identifikasi masalah yang ada dalam masyarakat, agar menjadi bahan masukan bagi pemerintah daerah untuk perbaikan di masa mendatang. 

Demikian dikatakan Bupati Pesawaran yang diwakili Kepala Kesbangpol Kabupaten Pesawaran Syukur saat menghadiri Penerimaan Dan Pelepasan Mahasiswa KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gajah Mada Periode IV Tahun 2023 di Kantor Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, Lampung pada Senin (18/12/2023).

Syukur mengatakan peran mahasiswa UGM sedikit banyak akan membantu meningkatkan pengetahuan, ikut mencerdaskan dan menyejahterakan serta diharapkan dapat ikut membantu mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat Bumi Andan Jejama.

“Di antaranya ikut serta mengatasi masalah – masalah yang ada dengan melakukan pemberdayaan potensi masyarakat desa setempat menuju peningkatan kesejahteraan yang   lebih   baik,” tuturnya.   

Ia juga berharap para mahasiswa  peserta KKN dapat lebih meningkatkan kepedulian dan empati masyarakat terhadap kondisi pemulihan perekonomian yang saat ini di hadapi bersama serta berlandaskan nilai-nilai keragaman beragama serta merawat kearifan lokal. 

“Sebagai kaum intelektual dan pembaharu, mahasiswa harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan khususnya di Kabupaten Pesawaran,” sambungnya. 

Ia melanjutkan, berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan perguruan tinggi melalui Kuliah Kerja Nyata  dapat  diorientasikan  pada  penyiapan mahasiswa sebagai sarjana pendamping masyarakat dan upaya pemberdayaan masyarakat desa melalui implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Menurutnya para mahasiswa yang memiliki kelebihan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diharapkan mampu menumbuhkan motivasi dan inovasi masyarakat untuk lebih maju. 

Salah satunya dengan membantu menemukan peluang usaha berlandaskan iman dan takwa yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat.

“Dan juga menyusun program yang dapat  dilaksanakan  dan disesuaikan dengan kemampuan, kondisi dan situasi yang ada khususnya di Kabupaten Pesawaran yang beragam suku bangsa, adat istiadat dan potensi alam yang ada,” pungkasnya. 

Ia berpesan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan ilmunya agar semakin kreatif dan inovatif, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi percepatan penggalian dan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan   sumber daya manusia pedesaan   bagi kemajuan pembangunan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran.

Ia pun mengajak untuk mengoptimalkan kompetensi, tugas dan fungsi masing-masing dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Pesawaran yang semakin maju.  

Selain itu juga, berharap kepada Universitas Gajah Mada setelah selesai melaksanakan KKN ini kiranya dapat mempresentasikan hasil KKN Kepada Pemerintah Daerah agar menjadi masukan Pemerintah Daerah dalam memajukan masyarakat Kabupaten Pesawaran di masa-masa mendatang.

Hadir juga Kepala OPD di lingkup Pemkab Pesawaran, Camat, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Teluk Pandan, Kepala Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Pandan dan Kepala Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan.(Red)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author