Gelar Pra Operasi Lilin: Polres Bintan, Siap Amankan Natal dan Tahun Baru 2024

Gelar Pra Operasi Lilin: Polres Bintan, Siap Amankan Natal dan Tahun Baru 2024

Smallest Font
Largest Font

GMN Bintan - Polres Bintan melaksanakan Pra Operasi Lilin Seligi 2023, Operasi Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang dilaksanakan selama 12 hari terhitung tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Januari, Tahun 2024. 

Sebelum pelaksanaan Pra operasi Lilin Seligi 2023 terlebih dahulu, akan dilaksanakan Latihan Operasi pertama kali dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Senin dan Selasa bulan Desember, Tahun 2023. 

Pelaksanaan kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakapolres Bintan Kompol Amir Hamzah, S.H., M.H dalam pelaksanaan Pra operasi Lilin Tahun 2023, dalam Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, yang dilaksanakan di Aula Sarja Arya Racana Polres Bintan.

Wakapolres Bintan menyampaikan kepada personel yang terlibat dalam operasi agar menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan struktur operasional. 

"Kepada seluruh personel yang terlibat dalam pra operasi Lilin Seligi 2023, mohon melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan surat perintah, melaksanakannya sesuai dengan rencana operasional agar operasi ini tercapai sesuai rencana dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya. operasinya,” ucap Amir, Senin (18/12/2023).

Setelah Diklat Pra Operasi Lilin Tahun 2023 resmi dibuka oleh Wakapolres Bintan, selanjutnya disampaikan oleh Karendalops dan Kasatgas Operasi. 

Pada hari pertama Karendalops AKP Monang P Silalahi, S.H menjelaskan bahwa tema Latpraops adalah melalui pelatihan pra operasional kita meningkatkan kesiapan, kemampuan dan ketrampilan personel Polri, guna terciptanya Sitkamtibmas di Kabupaten Bintan yang kondusif.

AKP Monang P Silalahi, S.H juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Pra Operasi Lilin 2023, dalam rangka ini Polres Bintan akan mendirikan 7 pos yang terdiri dari 4 pos pengamanan yaitu di Pos Simpang Penaga Pam, Pos Pam Simpang Km 16 dan Pos Kijang Pam dan Pos Pam Pam. Tambalan. 

Kemudian 2 pos pelayanan yaitu pos pelayanan di pelabuhan Bulang Linggi Tanjung Uban dan pos pelayanan Pantai Trikora, serta 1 posko terpadu yang berlokasi di pelabuhan ASDP Tanjung Uban. 

Total personel yang terlibat berjumlah 542 personel gabungan, sedangkan personel Polres dan Brimob Bintan sebanyak 357 personel, TNI 20 personel, dan Satpol PP Bintan 30 personel. 

Kemudian, Dinas Perhubungan Bintan 30 personel, Dinas Kesehatan Bintan 15 personel, BPBD Bintan dan Pemadam Kebakaran 10 personel, Syahbandar 10 personel, Senkom 20 personel, Tagana 20 personel, KKP 5 personel , ASDP memiliki 5 personel dan Pramuka memiliki 20 personel. 

“Seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan disebar ke beberapa kegiatan yaitu Satgas Operasi, Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan, Pengamanan Gereja dan Pengamanan Malam Tahun Baru,” jelas AKP Monang. 

Pada hari kedua yakni Selasa (19/12/2023), para Ketua Satgas menjelaskan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, antara lain, Satgas 1 atau Datgas Pencegah yang dipimpin oleh Kasatintel Polres Bintan dan Subsatgas Binmas yang dipimpin oleh Kasatbinmas Polres Bintan. 

Satgas 2 atau satgas Preventif dipimpin oleh Kasatsamapta Polres Bintan, Satgas 3 atau satgas Kamseltibcarlantas yang dipimpin oleh Kasatlantas Polres Bintan, Satgas 4 atau satgas Gakkum dipimpin oleh Kasatreskrim Polres Bintan.

Sedangkan Satgas 5 yaitu satgas Banops dipimpin oleh Kabagren Polres Bintan yang dipimpin oleh Kabagren Polres Bintan dengan membawahi Subsatgas Dokkes dipimpin oleh Kasidokkes Polres Bintan, Subsatgas Polairud dipimpin oleh Kasatpolairud Polres Bintan, Subsatgas Propam dipimpin oleh Kasipropam Polres Bintan, Subsatgas TIK dipimpin oleh Kasitik Polres Bintan dan Subsatgas Humas dipimpin oleh Kasihumas Polres Bintan.

Kemudian dalam himbauannya Wakapolres Bintan Kompol Amir Hamzah, S.H., M.H menekankan bahwa kepada personel yang ikut dalam latihan pra operasi agar memberikan pengamanan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga operasi yang dilaksanakan oleh Polres Bintan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Untuk personel yang terlibat operasi agar melaksanakan pengamanan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga operasi yang dilaksanakan oleh Polres Bintan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tuturnya.. (Ws)

Editors Team
Daisy Floren