Tahun 2019, SDN 1 Besuki Gelar Goo Green School Melalui Program Adiwiyata

Tahun 2019, SDN 1 Besuki Gelar Goo Green School Melalui Program Adiwiyata

Smallest Font
Largest Font

Situbondo garismerahnews.com –

membangun kebersamaan warga sekolah dan penyelamatan lingkungan sekolah, SDN 1 Besuki, Kabupaten Situbondo Provinsi Jawa Timur, menggelar ‘Go Green School’ di Tahun 2019. Selain melibatkan warga, wali murid dan komite sekolah, kegiatan ini didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Pemkab Situbondo, Senin (11/03/2019).

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Kepala Sekolah SDN 1 Besuki, Dra. Naviyah, pihaknya sangat bangga dan berterima kasih atas kekompakan semua pihak. Betapa tidak, kegiatan demi penyelamatan lingkungan sekolah ini, berjalan sebagaimana mestinya.

“Penghijauan lingkungan ini dengan membuat taman bunga dan keindahan disekolah,” Ujar Kepala Sekolah.

Senada juga diungkapkan oleh wali murid A. Faris yang juga Akrab dipanggil Bang Muked ini rela berpeluh basah membuat taman bunga dilingkungan sekolah. Bukan cuma sewadaya anggaran, melainkan ikut terlibat langsung dalam kegiatan ini.

“Demi keindahan dan sejuknya lingkungan sekolah wali murid siap mendukung program sekolah,” katanya dengan tegas.

Sekedar diketahui, kegiatan ini adalah bagian program Adiwiyata dari Kementrian Lingkungan Hidup. Upaya penyelamatan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab bersama. Berdasarkan norma-norma kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan Sumber Daya Alam (SDA), Go Green School 2019 akan sukses.

Menyikapi kegiatan ini, Ketua Umum LSM Siti Jenar (Situbondo Investigasi Jejak Kebenaran) mengaku bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan di SDN 1 Besuki.

“Kami salut, kami juga bangga dengan program inovatif disekolah saya dulu ini. Sebagai alumni, saya akan bantu sesuai kemampuan saya. Saya yakin Adiwiyata di SDN 1 Besuki akan sukses,” singkatnya.

Sementara, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Situbondo berjanji akan ikut berpartisipasi dalam mensupport kegiatan Go Green School 2019. Dengan kegiatan penyelamatan lingkungan sekolah ini, diharapkan mampu memotivasi sekolah – sekolah lain.

“Penghijauan sekolah kami ini adalah kepedulian kita bersama. Jika linhgkungan sekolah hijau, indah nan sejuk, maka proses belajar mengajar akan terasa nyaman. Kita tanamkan budaya peduli SDA pada anak didik sekolah ini,” Terang H. Hambali, ketua Komite SDN 1 Besuki. (Bront’s)

editor : Tomi

Editors Team
Daisy Floren