Manuver Politik PKS Jelang Pilkada Lebak 2024, Dorong Wakil Walikota Cilegon Maju di Pilkada Lebak

Manuver Politik PKS Jelang Pilkada Lebak 2024, Dorong Wakil Walikota Cilegon Maju di Pilkada Lebak

Smallest Font
Largest Font

GMN Lebak - Dinamika politik dalam Pilkada sangatlah kompleks dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk dinamika internal partai politik, popularitas calon, isu-isu yang berkembang, strategi kampanye, dan reaksi dari pemilih. Minggu (26/5/2024). 

Dinamika politik dalam Pilkada dapat membuat persaingan semakin sengit dan hasilnya sulit diprediksi, karena dapat terjadi perubahan yang signifikan sepanjang penjaringan, kampanye dan hingga hari pemungutan suara.

Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamerta mengejutkan banyak kalangan dan elit politik. Pasalnya, mantan Ketua DPW PKS Banten ini mengikuti penjaringan mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati (Bacabup) yang digelar oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kabupaten Lebak pada Jum'at, 24 Mei 2024.

Melansir laman radarbanten.co.id Sebab, sebelum mantan Ketua DPW PKS Banten ini menyatakan maju pada Pilbup Lebak 2024, PKS Lebak menjagokan Ketua DPD PKS Lebak, Iip Makmur . Bahkan, anggota DPRD Banten ini telah mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Bupati Lebak ke DPD NasDem Lebak.

“Insya Allah yakin dan optimis maju sebagai calon Bupati Lebak 2024. Ini panggilan alam, panggilan masyarakat, alim ulama yang meminta saya agar berkontribusi membangun Lebak, terutama meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lebak” kata Sanuji, Sabtu, 25 Mei 2024.

Sanuji mengatakan, keputusannya untuk maju di Pilbup Lebak 2024 telah melalui perembukan dengan keluarga besar maupun sejumlah kolega di PKS maupun komunikasi politik dengan partai lain.

“Saya juga sudah mengutus tim untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon bupati lebak di Partai Persatuan Pembangunan yang masih membuka pendaftaran. Insya allah pengembalian formulir langsung saya yang antar,” kata mantan anggota DPRD Lebak ini.

Sanuji mengatakan, pengalamannya sebagai Wakil Walikota Cilegon mendampingi Helldy Agustian dapat menjadi salah satu bekal bila kelak dirinya memimpin Kabupaten Lebak.

“Takdirnya harus kembali ke daerah asal setelah di Cilegon. Saya lihat konstelasi menjelang Pilbup di Lebak juga cukup dinamis. PKS juga selama ini terus menjalin komunikasi politik dengan partai politik lain untuk menjajaki koalisi dalam menghadapi Pilbup Lebak,” kata mantan anggota DPRD Lebak.

Dia mengatakan, masyarakat sudah cerdas dalam menentukan hak politiknya. Karenanya, ia tak ragu ketika partai memintanya untuk maju di pilbup Lebak.

“Karenanya, saya enggak ragu untuk maju dan berjuang demi kepentingan masyarakat Lebak” tegasnya.

Sebelum menjadi Wakil Wali Kota Cilegon, Sanuji pernah menjadi anggota DPRD Banten dan periode dan anggota DPRD Lebak dua periode.

Sanuji dikenal sebagai politisi yang kritis dan dekat dengan masyarakat, karena kerap terjun langsung ke masyarakat. 

Terpisah, Sekretaris DPD PKS Lebak Lili
Ketua DPD PKS Kabupaten Lebak menyatakan, PKS Lebak solid mendukung kader partai asal Lebak Sanuji Pentamarta dalam Pilbup 2024, kendati sebelumnya mendukung ketua DPD PKS Lebak Iip Makmur. Kata dia, usulan perubahan dari Iif ke Sanuji agar Iip Makmur fokus di DPRD Banten.

“Sudah (persetujuan dpd pks lebak) semuanya on proses,” kata Lili.

PKS sendiri sedang menjajaki koalisi dengan beberapa partai di Lebak. Upaya tersebut dilakukan karena PKS sendiri tidak memiliki cukup kursi di DPRD Lebak. Pada Pemilu 2024, DPD PKS hanya memiliki lima kursi di parlemen.

“Untuk bisa mengusung calon sendiri, kita butuh sepuluh kursi di DPRD Lebak. Karenanya, kita wajib koalisi dengan partai lain,” terangnya.

Dian yakin, sosok Sanuji Pentamarta bisa membawa perubahan di Kabupaten Lebak. Dia merupakan politikus berpengalaman baik di eksekutif maupun legislatif yang dekat dengan masyarakat. Bahkan, Sanuji dikenal kritis dalam menyuarakan berbagai aspirasi masyarakat Lebak.

“Apalagi, dengan pengalamanya sebagai Wakil Walikota Cilegon saya yakin pak Sanuji merupakan sosok mumpuni untuk masyarakat Lebak,” katanya. (Odih)

Editors Team
Daisy Floren