KPU Apresiasi Forwatu Banten Gelar Deklarasi Pilkada Damai 2024

KPU Apresiasi Forwatu Banten Gelar Deklarasi Pilkada Damai 2024

Smallest Font
Largest Font

GMN Banten - Sejumlah pengurus Forum Warga Bersatu Banten (Forwatu Banten) gelar Deklarasi Pilkada Damai 2024 yang dihadiri unsur pimpinan Ormas, LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, hingga unsur Media, bertempat di Rumah Makan Pakis, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Minggu 26 Mei 2024 menuai respon positif dari berbagai kalangan. 

Kegiatan yang diinisiasi Presidium Forum Warga Bersatu Banten tersebut mendapatkan apresiasi dari sejumlah kalangan salah satunya ialah oleh Komisioner KPU Banten yang merespon kegiatan deklarasi yang digagas oleh Forwatu Banten.

"Selamat atas keberhasilan Forwatu Banten mengumpulkan sejumlah pimpinan ormas untuk bersama kawal proses demokrasi yang sehat di Banten! Kami sebagai Penyelenggara membutuhkan kerjasama dari semua pihak agar proses pilkada di Banten berjalan dengan baik," ungkap anggota KPU Banten, Ali Zaenal lewat pesan Whatsapp. 

Salah satu pentolan ormas yang tergabung di Forwatu Banten Asep Safrudin menyampaikan apresiasi terhadap Forwatu Banten yang secara mandiri mampu memberikan Kontribusi pemahaman dalam membangun kondusifitas di tanah jawara. 

"Mestinya kegiatan ini diselenggarakan oleh penyelenggara atau Pengawas di Banten namun Forwatu Banten telah memulai untuk melakukan hal positif agar Pilkada Damai Banten 2024 terjaga, ini menjadi salah satu prestasi bagi Forwatu Banten," ungkap Asep yang kini menjabat sebagai Ketua LSM RELASI di Kabupaten Lebak. 

Menanggapi hal tersebut, Presidium Forum Warga Bersatu Banten (Forwatu Banten) Arwan, S.Pd.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa peristiwa politik yang terjadi di Banten setiap era nya selalu memanas sehingga perlu membangun persepsi untuk menciptakan suasana pilkada yang damai.

"Konstalasi Politik tiap massa nya selalu berubah, tematik dalam pertemuan kali ini soal Relokasi Black Champaign, ini penting disikapi karena Black Champaign pintu utama membentuk perseteruan hingga menimbulkan perselisihan panjang yang berakibat pada perpecahan antar golongan! Kami sadar Kita semua miliki pilihan yang beragam tonjolkan Kekuatan jangan kedepankan kelemahan sehingga tercipta Kondusifitas menuju Pilkada Damai Banten 2024," papar Arwan, Senin (27/5/2024). 

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan fakta integritas yang ditandatangani oleh pimpinan ormas dan unsur media serta tokoh sebagai bentuk komitmen menjaga persatuan.

"Kami akan serahkan fakta integritas ini kepada KPU Banten sebagai komitmen Kami menjaga kondusifitas dan sekaligus memberikan rambu-rambu agar mereka tak kotori demokrasi dengan berlaku curang. Jika Penyelenggara terbukti melakukan kecurangan Pilkada 2024 di Banten, kami akan tempuh jalur hukum dan Aksi Massa" tutup Aris Riswanto ketua Pelaksana Kegiatan Deklarasi Pilkada Damai Banten 2024. (Odih)

Editors Team
Daisy Floren