Ditemukan Nama Guru Yang Telah Meninggal Dunia Namanya di Catut Menjadi Kepala Sekolah

Ditemukan Nama Guru Yang Telah Meninggal Dunia Namanya di Catut Menjadi Kepala Sekolah

Smallest Font
Largest Font

GMN Muaradua, Salah satu sekolah dasar di Kabupaten OKU Selatan menggunakan nama guru sebagai kepala sekolah. Namun ironisnya, nama guru tersebut sudah 10 tahun meninggal dunia.

Dari hasil kroscek di lapangan, Kamis (9-11-2023) dan keterangan guru, dipastikan nama tersebut sudah meninggal dunia 10 tahun yang lalu.

“Kalau nama guru Yul, itu sudah meninggal dunia. Sudah 10 tahun yang lalu. Guru yang aktif disekolah ini cuma 2 orang. Saya sudah ngajar lebih dari 5 (lima) tahun, jadi saya tahu persis nama guru yang ada di sekolah ini,” ungkap guru yang enggan disebut identitasnya.

Hal ini tentu dipertanyakan data dapodik sekolah yang diupload oleh operator sekolah ke kementerian pendidikan. Dari data dan keterangan sumber yang enggan disebut, operator sekolah merupakan ASN yang bertugas di salah satu Kecamatan di OKUS.

Buruknya sistem pendidikan di OKU Selatan ini, menunjukkan bukti bahwa kurangnya pengawasan dari dinas setempat.

Kejanggalan banyak terjadi di sekolah tersebut, mulai dari mark up data siswa, nama guru fiktif, hingga penugasan guru ASN yang diperbantukan namun tidak pernah mengajar.

Dari keterangan sumber yang dapat dipercaya mengatakan, ASN yang namanya tercantum disekolah itu hanya formalitas saja. Hanya untuk mencukupi jam mengajar saja sebagai sarat untuk sertifikasi. Guru inisial AS tersebut, merupakan guru PAI yang diperbantukan. Diperoleh keterangan bahwa guru AS bertugas disekolah yang beda kecamatan.

Anehnya, pihak dinas tidak pernah melakukan pengawasan terhadap sekolah yang bermasalah.

Diduga, ada kongkalikong antara sekolah dengan pihak dinas pendidikan. Sehingga, kebobrokan disekolah tersebut tidak pernah terungkap. tim

Editors Team
Daisy Floren