Diduga Ada Persekongkolan Oknum Pejabat Serta Mark Up Anggaran Pekerjaan Insfastruktur Yang Dibiayai Pinjaman Daerah Tahun 2022 Kabupaten Pesawaran

Diduga Ada Persekongkolan Oknum Pejabat Serta Mark Up Anggaran Pekerjaan Insfastruktur Yang Dibiayai Pinjaman Daerah Tahun 2022 Kabupaten Pesawaran

Smallest Font
Largest Font

GMN Pesawaran - Setelah menelisik anggaran pinjaman daerah Kabupaten Pesawaran tahun 2022 yang bersumber dari hutang dengan pihak ketiga yang dalam hal ini dengan PT BJB, ternyata paket pekerjaan Insfastruktur yang dikerjakan oleh dinas PUPR kabupaten Pesawaran banyak yang dimarkup, hal ini disampaikan oleh ketua LSM BAKRONAS Lampung Agung Sugenta di sekertariat Lampung, Minggu (30/6).

Hal ini bisa dilihat dari RUP tahun 2022, saat pengajuan bulan Februari 2022 dan ketika terdapat revisi atau perubahan lelang pada bulan Desember 2022 paket lelang terjadi markup di beberapa pagu anggaran kegiatan, ujar Agung.

Lanjut dia, contohnya pembangunan jembatan Pujo Rahayu - Lumbirejo Kecamatan Negeri Katon. Pada RUP February 2022 menetapkan pagu 17 miliar rupiah, sedangkan pada Desember 2022 sesuai pagu  yang dilelang menjadi 21miliar rupiah, hal ini banyak terjadi dibeberapa paket pekerjaan Insfastruktur yang lainnya yang dibiayai pinjaman daerah kabupaten Pesawaran.

Selain itu ketika dilihat informasi lelangnya di LPSE penawaran paket lelang semuanya hanya 1 penawaran, dan langsung ditetapkan sebagai pemenang lelang, tampak jelas sekali pengkondisian pada pemenang lelang.

Hal ini tidak sesuai dengan Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang merupakan salah satu dokumen yang harus diketahui publik sesuai mandat Perpres 54 tahun 2010. Sesuai Perpres 54 2010 Pasal 8 ayat (1).a dan b disebutkan bahwa Pengguna Anggaran memiliki tugas menetapkan RUP dan mengumumkan secara luas RUP.

Perlu diketahui publik, bahwa realisasi pinjaman daerah pada tahun 2022 tidak transparan. Sehingga terbuka lebar peluang korupsi pada pinjaman tersebut.

BAKORNAS Lampung adalah salah satu lembaga swadaya masyarakat yang serius dalam mengungkap dugaan persekongkolan oknum pejabat di Pesawaran yang coba-coba untuk melakukan korupsi, dengan modus melakukan mark-up pada pekerjaan infrastruktur.(Red)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author