Bulan Desember Cuaca Ekstrem, HSNI Pesawaran Himbau Nelayan Waspada

Bulan Desember Cuaca Ekstrem, HSNI Pesawaran Himbau Nelayan Waspada

Smallest Font
Largest Font

PESAWARAN (GMNews) – Memasuki bulan Desember cuaca extrem kerap terjadi dibeberapa wilayah di Provinsi Lampung khususnya di daerah pesisir Kabupaten Pesawaran.

Bentuk dan rasa peduli Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pesawaran Evi Susina, S.H. kepada para nelayan di Pesawaran mengimbau agar senantiasa memperhatikan prakiraan cuaca.

Evi Susina juga mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait informasi cuaca ekstrem yang sering terjadi.

“Informasi yang kami dapatkan akan dishare ke grup WhatsApp HNSI Pesawaran. Jadi saya imbau agar mereka ini selalu update dan saling mengingatkan satu sama lain ketika sudah mendapatkan informasi,” kata Evi, Sabtu (12/12/2020).

Evi juga menghimbau kepada para nelayan di pesisir Pesawaran  untuk berhati-hati dan jika diperlukan nelayan jangan melakukan aktivitas melaut atau mencari ikan untuk beberapa hari ke depan.

“Cuaca sering berubah, pagi cerah siang sudah mendung, maka dari itu saya berharap agar nelayan tidak melakukan aktivitas melaut. Hal ini bertujuan untuk keselamatan para nelayan di Kabupaten Pesawaran ini,” ucapnya.

Ia melanjutkan, apabila ada nelayan yang terpaksa harus melaut karena tuntutan kebutuhan, dirinya berharap agar waspada dan menyiapkan alat keselamatan standar seperti pengecekan kapal dan persiapan pelampung.

“Apalagi, nelayan kita ini, melaut menggunakan kapal-kapal kecil, jadi harus lebih waspada lagi, maka dari itu kami tidak henti-hentinya untuk mengingatkan nelayan,” pungkasnya.

(rud)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author