Program Ketahanan Pangan Desa Penantian, Realisasikan Budidaya Ikan Lele

Program Ketahanan Pangan Desa Penantian, Realisasikan Budidaya Ikan Lele

Smallest Font
Largest Font

GMN, Banding Agung, Budidaya ikan lele merupakan program ketahanan pangan desa Penantian Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Program tersebut adalah realisasi dana desa Tahun Anggaran 2023 desa Penanrian.

Realisasi program ketahanan pangan desa Penantian berdasarkan usulan masyarakat melalui musyawarah desa (musdes) pada tahun 2022 lalu. Kepala desa Penantian, Wawan mengatakan berdasarkan usulan masyarakat, maka perangkat desa mancatat dalam RKP-des untuk direalisasikan pada tahun berikut.

"Kami hanya menampung usulan dari masyarakat, apabila masyarakat menginginkan program yang sudah dimusyawarahkan melalui tokoh masyarakat dan para kepala dusun, maka usulan tersebut harus direalisasikan," ujar Wawan, Sabtu (30-12-2023) di kantornya, usai Monev.

"Kebetulan hari ini (20-12-2023) pihak kecamatan sudah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) untuk program ketahanan pangan desa kami," tambahnya.

Program ketahanan pangan tahun ini, kami membelikan 15 ribu ekor bibit ikan lele dan budidayanya menggunakan kolam darat yaitu bioflog yang diserahkan langsung kepada warga untuk empat dusun.

Harapan saya, dengan adanya program ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tutup Wawan. (martin)

Editors Team
Daisy Floren