Dana Desa TA 2023 Desa Surabaya Timur Sudah Terealisasi

Dana Desa TA 2023 Desa Surabaya Timur Sudah Terealisasi

Smallest Font
Largest Font

GMN, Banding Agung - Untuk realisasi dana desa Tahun Anggaran 2023 desa Surabaya Timur Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan sudah diterapkan dan selesai pula dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) dari tim kecamatan.

Monev dilaksanakan langsung oleh tim dari kecamatan bersama pendamping desa yang didampingi kepala desa Surabaya Timur beserta kaur pembangunan desa.

"Monitoring dipimpin langsung oleh Kasj PMD kecamatan bersama pendamping lokal desa, tim tehnis kabupaten serta didampingi oleh BPD dan perangkat desa. Tim melihat langsung kelokasi pekerjaan pada tanggal 20-Oktober-2023 lalu," ujar Jais kepala desa Surabaya Timur.

Jais mengatakan, tahap 1 dan 2 anggaran dana desa diprioritaskan untuk pembangunan jalan lingkungan dan ketahanan pangan. Program tersebut sudah sesuai usulan dari masyarakat dari hasil musdes.

Untuk ketahan pangan desa kami, masyarakat mengusulkan untuk pembelian sapi. Alhamdulillah, semua sudah terwujudkan. Semua sudah dipersiapkan, mulai dari pembuatan kandang, pembelian bibit sapi sebanyak 6 ekor, pembelian obat-obatan, pakan, honor pengelola lahan pakan dan kandang, honor pelaksana serta pemberian vaksinasi.

Untuk pekerjaan fisik desa, saya terjun langsung kelapangan untuk mengawasi.

Dan, semua kegiatan itu pengelolaannya kami serahkan langsung kepada masyarakat melalui kelompok. Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan harus mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan program yang ada didesa. Dengan begitu, pembangunan desa akan menjadi maju, tambah Jais.

Jais menambahkan,tim monitoring sudah mengevaluasi kegiatan desa. Semua berjalan lancar dan hasilnya juga cukup memuaskan.

Saya berharap, masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan serta mendukung program yang ada di desa untuk meningkatkan kesejahteraan. martin

Editors Team
Daisy Floren