Polda Lampung pastikan Lalulintas Bandar Lampung-Bakauheni Lancar

Polda Lampung pastikan Lalulintas Bandar Lampung-Bakauheni Lancar

Smallest Font
Largest Font

GMN Lampung Selatan - Polda Lampung langsung tancap gas memastikan arus lalu lintas dari Kota Bandar Lampung menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dan sebaliknya pada H-1 Tahun Baru 2024 terpantau lancar dan tidak terjadi penumpukan volume kendaraan, Minggu (31/12/2023).

Kepastian tersebut berdasarkan hasil pantauan udara Helikopter NBO-105 Ditpolairud Polda Lampung, Pemantauan dari Kota Bandar Lampung menuju Pelabuhan Bakauheni meliputi jalan tol hingga arteri. 

“Pantauan dari udara dari Bandar Lampung hingga Bakauheni menunjukkan sepanjang jalan tol dan arteri lancar dan aman. Artinya tidak terjadi kerumunan atau penumpukan penumpang, semuanya terpantau aman dan lancar,” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik saat dimintai keterangan.

Tak hanya jalan tol dan arteri, Fadilah melanjutkan, pemantauan udara juga menelusuri kondisi dan situasi terkini di Pelabuhan Bakauheni. 

“Saat ini terlihat kondisi Pelabuhan Bakauheni baik dari sisi kapal, tempat parkir, arah masuk kapal, semuanya tampak masih dalam keadaan lancar dan tidak terlihat kepadatan kendaraan," paparnya. 

Kemudian ia memastikan, bahwa kemungkinan besar kemacetan lalu lintas baru terjadi saat libur Natal 2023/2024 kembali pada 1-2 Januari 2024. Sebab, pemudik yang berlibur di Lampung dan Sumatera secara bertahap akan kembali ke Pulau Jawa.

Dipaparkannya, mengantisipasi kepadatan lalu lintas juga bisa dilakukan dari Pulau Jawa hingga Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni. 

“Setelah mereka selesai libur, kemungkinan besar kondisi di Bakauheni (1-2 Januari 2023) akan lebih ramai dibandingkan hari-hari biasa,” ucap Kombes Pol Umi Fadilah. 

Seiring dengan itu, pihaknya mengimbau kepada para pengguna jalan atau pemudik dapat mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan mulai dari kondisi fisik prima hingga kesiapan kendaraan. 

"Pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan. Jangan lupa, isi bensin dan e Tol disiapkan untuk mencegah kendala masuk atau melintasi jalan tol. Bagi hendak menyeberang dari Bakauheni, sangat disarankan beli tiket dari rumah," ujarnya. 

Ia menambahkan, Polda Lampung bersama stakeholder telah mendirikan sebanyak 60 posko teridiri dari posko pengamanan, posko pelayanan, hinga posko terpadu untuk melayani perjalanan selama periode libur Nataru tahun ini. 

"Kami sudah menyiapkan posko-posko di sepanjang rute anda, silahkan dimanfaatkan baik membutuhkan informasi atau sekedar beristirahat sangat dipersilahkan," tandas Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik.. (Hms/Nasuki) .

Editors Team
Daisy Floren