Kecamatan Negara Batin Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2024

Kecamatan Negara Batin Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2024

Smallest Font
Largest Font

GMN Waykanan -Kecamatan Negara Batin Way Kanan, melaksanakan upacara peringati hari lahirnya Pancasila yang di laksanakan di lapangan kantor camat kecamatan negara batin kabupaten Way Kanan. Senin (3/06/2024).

Kegiatan dipimpin oleh Camat negara batin Edi Saputra S.Kom.M.M dengan dihadiri Unsur Pimpinan Kecamatan, Kepala Kampung  Sekecamatan Negara Batin, Kepala UPT Sekecamatan Negara Batin, Kepala SD, SMP, SMA Sekecamatan Negara Batin, Pendamping Desa, Pendamping PKH, Damramil, Kapolsek dan Perangkat Kampung Sekecamatan Negara Batin.

Upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB, dengan pengibaran sang saka merah putih dihadapan peserta upacara," Edy Saputra S.Kom.M.M menjadi Inspektur upacara sekaligus bertugas membacakan teks Pancasila

Dalam upacara," Edi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hari Lahir Pancasila," Hari ketika Bung Karno, "sebagai Proklamator Kemerdekaan, "Bapak Pendiri Bangsa," pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. 

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Pancasila dan nilai - nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. 

Hari lahirnya pancasila yang sangat bersejarah ini," Saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada terutama khususnya yang ada di kecamatan negara batin untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Edi mengajak  agar Pancasila  senantiasa kita jiwai dan jadi pedoman agar menjadi ideologi kerja yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Mengakhiri pidatonya," Edi mengajak  segenap pemerintahan atau masyarakat yang ada di kecamatan negara batin agar bersama sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahirnya Pancasila, "Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. 

Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.(Dalton)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author