Gencar Lakukan Patroli: Polda Lampung Jamin keamanan Masyarakat liburan akhir Tahun

Gencar Lakukan Patroli: Polda Lampung Jamin keamanan Masyarakat liburan akhir Tahun

Smallest Font
Largest Font

GMN Lampung - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung terus memberikan jaminan keamanan bagi seluruh masyarakat, termasuk wisatawan yang berkunjung ke Sai Bumi Ruwa Jurai hingga libur akhir Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. 

Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santikan mengatakan, salah satu upaya pengamanan ini dengan menempatkan personel yang bertugas jaga intensif di ruang publik, agar sejumlah destinasi wisata ramai dikunjungi wisatawan. 

"Kehadiran aparat kepolisian ini akan membantu terciptanya suasana aman dan nyaman bagi pengunjung wisata dan masyarakat umum," ujarnya, Selasa (2/1/2024). 

Lebih lanjut, personel Polda Lampung bersama jajaran Polres gencar melakukan kegiatan patroli, khususnya jalan akses menuju destinasi wisata dan sekitarnya, untuk mencegah potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). 

Selain itu, Polda Lampung terus menjalin koordinasi dan kerja sama yang erat antara pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya yang menjadi kunci dalam menjamin keamanan. 

“Koordinasi yang baik menjamin respon cepat terhadap situasi yang mungkin memerlukan perhatian keamanan,” kata jenderal bintang 2 itu. 

Helmy menambahkan, pihaknya juga menerapkan pendekatan komunikatif dengan wisatawan dalam memberikan informasi dan pemahaman terkait keamanan dan nasehat kepada pengunjung wisata. 

Selain itu, penggunaan teknologi modern untuk pemantauan keamanan dengan CCTV dan sistem pemantauan digital juga digunakan, untuk memastikan tidak ada aktivitas mencurigakan di sekitar masyarakat.

“Jaminan keamanan yang diberikan Polda Lampung menjadi landasan penting dalam membangun citra Lampung sebagai destinasi wisata yang aman dan terpercaya,” paparnya. 

Ia pun berharap masyarakat bisa benar-benar menikmati liburan akhir tahun di Lampung. 

“Wisatawan dapat menjelajahi keindahan alam dan budaya Lampung dengan keyakinan bahwa keselamatannya adalah prioritas utama,” lanjutnya. 

Sejalan dengan serangkaian pengamanan yang dilakukan Polda, Vebri warga Lampung Selatan mengaku telah membuktikan langsung kiprah aparat penegak hukum khususnya kepolisian dalam menjamin keamanan dan kenyamananmasyarakat di lokasi wisata. 

Meski demikian, ia berharap infrastruktur wisata khususnya akses jalan tetap bisa menjadi fokus pembenahan pemerintah daerah. 

“Beberapa akses jalan sudah bagus, namun masih ada beberapa kawasan yang perlu perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan wisatawan,” terang dia.

Lebih dari itu, pengunjung Pantai Tegal Mas berharap adanya pengembangan jalur wisata alternatif, sehingga dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di beberapa lokasi populer, seperti yang pernah mereka tempuh bersama keluarga di Jalan RE. Martadinata. 

“Kita tahu jalur ini (RE Martadinata) merupakan salah satu jalur favorit wisatawan yang mayoritas ingin berwisata pantai. Sudah saatnya pemerintah mulai memikirkan akses jalur alternatif,” tegasnya. (Hms/ Nasuki).

Editors Team
Daisy Floren