Pemprov-DPRD Lampung Sepakat Prioritaskan 1007 Guru PPPK Lulus PG Diusulkan Tahun 2023

Pemprov-DPRD Lampung Sepakat Prioritaskan 1007 Guru PPPK Lulus PG Diusulkan Tahun 2023

Smallest Font
Largest Font

LAMPUNG, (GMNews) – Pemprov Lampung bersama Komisi V DPRD sepakat prioritaskan 1007 guru PPPK lulus passing grade (PG) diusulkan ke Kemenpan-RB untuk masuk penempatannya dan di gaji pada anggaran perubahan Tahun 2023.

Hal tersebut berdasarkan hasil kesepakatan bersama dalam hearing rapat dengar pendapat antara Komisi V DPRD Lampung dengan Pemprov yang dihadiri oleh Sekdaprov Fahrizal Darminto, Kepala BPKAD Lampung Marindo Kurniawan, Sekretaris Dinas Pendidikan Tomi Efra dan Plt Kepala BKD Meiry Harika Sari, di ruang Komisi besar DPRD Lampung.

“Ya, alhamdulillah. Hasil rapat bersama Sekda tadi. Kami sepakat, ditahun 2023. Teman – teman tenaga guru Honor lolos PG. Ditempatkan, dan digajih,” kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Lampung, Budi Yuhanda, usai hearing, Senin 3/4/2023.

Menurutnya, kesepakatan yang ditetapkan tadi merupakan bentuk keperdulian dari DPRD Lampung dan Pemerintah Provinsi memperjuangkan nasib para guru yang selayaknya mendapat haknya.

“Mereka sudah lolos PG. Artinya, hak mereka wajib kita berikan,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminta meminta agar Disdik dan BKD serius untuk ajukan ke pusat, persoalan tenaga Honor lolos PG. Sehingga, 1007 ini masuk dalam kategori prioritas yang 7130 tersebut.

“Direncanakan mengenai prioritas 1007 guru PPPK ini direncakan dengan surat gubernur dibawa ke pusat. Bahwa kalau perlu saya ikut ke Pusat ,” kata Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto.

“Saya minta Dinas Pendidikan Lampung segera buat itu, dan dikoordinasikan untuk diusulkan ke pusat,” kata Fahrizal Darminto.

Sementara itu, Kepala BPKAD Lampung Marindo Kurniawan mengungkapkan sebenarnya tidak ada masalah dari sisi anggarannya karena memang anggarannya ada.

“Untuk anggarannya ini ready di BPKAD, tinggal usulan saja,” kata Marindo.

Sementara Plt Kepala BKD Lampung Meiry Harika Sari mengatakan untuk guru PPPK 1007 lulus passing grade itu gak ada masalah.

“Itu sudah ada nama-namanya dan itu prioritas di tahun 2023 ini di usulkan,” kata Meiry dalam hearing tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan Lampung Tomi Efra mengaku pihaknya akan segera mengusulkan nama-namanya yang Guru PPPk masuk didalam passing grade yang 1007 guru tersebut.

Tomi juga mengatakan bahwa pihaknya punya pagu anggarannya saat ini untuk 422 guru PPPK yang sudah penempatan, tapi tetap aman yang 1007 guru lulus passing grade.

“Ini persiapan untuk kami berkonsultasi kepada Sekdaprov ,” kata dia.(*)

Editors Team
Daisy Floren