Pemerintah Kota Gunungsitoli Menerima Kunjungan Tim Penilai Lomba BUMDes Sowua Desa Tetehosi I

Pemerintah Kota Gunungsitoli Menerima Kunjungan Tim Penilai Lomba BUMDes Sowua Desa Tetehosi I

Smallest Font
Largest Font

GMN Gunungsitoli - Pemerintah Kota Gunungsitoli menerima kunjungan Tim Penilai Lomba BUMDes Sowua Desa Tetehosi I Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E.,M.Si yang dilaksanakan di Kantor Desa Tetehosi I Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Rabu (12/06/2024).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Gunungsitoli telah mengusulkan peserta lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 yaitu BUMDes SOWUA Desa Tetehosi I Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

Wali Kota Gunungsitoli dalam arahannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya pelaksanaan kegiatan penilaian lomba BUMDes tingkat Provinsi Sumatera Utara, sebagai salah satu langkah pembinaan terhadap BUMDes serta dapat melihat bagaimana perkembangan BUMDes yang ada di Kota Gunungsitoli.

“Dengan dilaksanakannya penilaian lomba BUMDes ini, maka diharapkan dapat memotivasi pengelola BUMDes berlomba memajukan usaha ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa,” ucapnya.

Dijelaskannya, bahwa BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa guna menjalankan usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, serta menyediakan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa. Pembentukkan BUMDes juga ditujukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Pades) dengan memberikan kewenangan desa melakukan usaha desa yang mendapat permodalan langsung dari dana desa. dengan meningkatnya Pades, maka seharusnya APBDes akan meningkat pula, sehingga pada gilirannya pemerintah desa diharapkan semakin mandiri dalam menyelenggarakan pembangunan desa. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu tim penilai lomba BUMDes tingkat Provinsi Sumatera Utara yang berkenan hadir untuk melaksanakan penilaian pada hari ini sesuai dengan kriteria maupun instrumen-instrumen penilaian yang telah ditetapkan. Harapan kami juga tentunya harapan masyarakat Desa Tetehosi I pada kegiatan penilaian pada hari ini, dapat mengukir prestasi dan menjadi salah satu yang terbaik di wilayah Provinsi Sumatera Utara, sehingga bisa menjadi BUMDes percontohan di wilayah pemerintah Kota Gunungsitoli,’’ sambungnya.

Diakhir sambutannya, Wali Kota juga turut mengucapkan terima kasih kepada Dinas PMD bersama dengan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kota Gunungsitoli yang senantiasa tetap memberikan pendampingan, pembinaan bagi BUMDes yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba maupun bagi BUMDes yang sudah terbentuk di wilayah pemerintah Kota Gunungsitoli.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa, BPD dan lembaga-lembaga lain  yang ada di desa yang telah mendukung penuh kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan lomba pada hari ini dapat membuahkan hasil yang maksimal sehingga nantinya kita dapat masuk nominasi dalam penilaian di tingkat provinsi dan maju ke tingkat nasional,” tutup Wali Kota mengakhiri arahannya.

Adapun BUMDes SOWUA mengelola 2 (dua) unit usaha yakni Lembaga Keuangan Mikro yaitu Peminjaman Modal kepada Masyarakat dan Penyewaan Alat Pertanian ( Perontok dan Pengering padi, Cultivator). Tim penilai terdiri dari Ketua Forum Akademisi dan Praktisi Desa/FAPDes Dr. Rini Indahwati , SE, Ak, M.Si, CA, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Dra. Syafrida dan Penyusun Bahan Kebijakan Pengabdian Masyarakat Azwar Caniago, SE. 

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Gunungsitoli Mario Otomosi Zebua, SH,.M.Si, Camat Gunungsitoli Idanoi, Pemdes, BPD dan lembaga yang ada di Desa Tetehosi I, Pelaksana operasional BUMDes SOWUA Desa Tetehosi I dan undangan lainnya.

(Red)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Ram Author