Pemda Tubaba Deklarasikan Open Defecation Free

Pemda Tubaba Deklarasikan Open Defecation Free

Smallest Font
Largest Font

Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat mendeklarasikan Open Defecation Free/ODF (Stop buang air besar sembarangan) di Aula Rapat Pemda setempat, Panaragan, Kamis (12/12/19).

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Tulangbawang Barat, Tim Verifikasi Provinsi Lampung, Kapolres Tubaba, Staf Ahli Bupati, Asisten, Camat, Kepala OPD, Kepala Tiyuh, Babinsa dan undangan lainnya.

Dalam Sambutannya, Wakil Bupati Tulangbawang Barat Fauzi Hasan, S.E., M.M. berharap program ini dapat dijadikan salah satu penekanan dalam penyelenggaraan pembangunan tiyuh, yaitu mewujudkan pembangunan tiyuh yang berwawasan kesehatan, yang salah satu wujud nyatanya berupa program Tiyuh Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Dilanjutkan penyerahan berita acara verifikasi Tiyuh ODF oleh Ketua Tim Verifikasi Provinsi Lampung Bpk. Agus Setyo Widodo, S.K.M., M.K.M. kepada Wakil Bupati Tulangbawang Barat Fauzi Hasan, S.E., M.M. lalu Wakil Bupati menyerahkan berita acara verifikasi dan sertifikat Tiyuh ODF kepada Camat se-Kabupaten Tulangbawang Barat, selanjutnya pengucapan deklarasi Tiyuh ODF oleh tim STBM Tiyuh.

Sampai saat ini Kabupaten Tubaba telah mampu mendeklarasikan  atau meng-ODF-kan sebanyak 23 tiyuh dari  103 tiyuh di Tubaba.

Perlu diketahui, ODF merupakan salah satu pilar dari lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), yang kegiatannya terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat, pengertian ODF sendiri adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Sedangkan STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Untuk menjalankannya dengan mensinergikan 3 komponen pendekatan yaitu menciptakan Kebutuhan (Demand Creation), Ketersediaan Pasokan (Supply Improvement), Lingkungan yang Mendukung (Enabling Environment).

Dengan momentum ini diharapkan bisa menjadi pemicu bagi Tiyuh lainnya di Kabupaten Tulangbawang Barat untuk bisa segera mewujudkan gerakan program Stop Buang Air Besar Sembarangan secara keseluruhan

Mengakhiri sambutannya, Fauzi Hasan, SE., MM menghimbau seluruh masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan ini, demi mewujudkan Kabupaten Tulang Bawang Barat yang sehat.

“Pembangunan dibidang kesehatan tidak dapat dilakukan sendiri oleh aparat pemerintah di sektor kesehatan, akan tetapi harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan lintas sektor dan yang lebih utama adalah peran serta seluruh masyarakat,” ujar Fauzi. (elwan)

Editors Team
Daisy Floren