Mahasiswa KKN UNILA Sosialisasi Pembuatan Ecoprint

Mahasiswa KKN UNILA Sosialisasi Pembuatan Ecoprint

Smallest Font
Largest Font

Lampung Barat (GMNews) – Mahasiswa KKN UNILA periode 1 tahun 2023 melakukan sosialisasi pembuatan ecoprint di Pekon Marga Jaya, Pagar Dewa, Lampung Barat, Rabu (20/1/ 2023).

Acara ini diikuti oleh Ibu-ibu yang bergabung dalam Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang ada di Pekon Marga Jaya. Acara yang diadakan di Balai Pekon Marga Jaya ini berlangsung dari pukul 08.00 sampai 11.00 WIB. Pelatihan tersebut dilaksanakan berdasarkan hasil observasi mahasiswa KKN yang menemukan permasalahan yaitu kurangnya pemanfaatan daun sebagai bahan baku untuk menciptakan produk yang bernilai jual dan terdapat potensi alam yang bisa mendukung pembuatan jenis batik ini.

Sosialisasi pembuatan ecoprint adalah salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh kelompok KKN UNILA Pekon Marga Jaya.

Kegiatan sosialisasi ecoprint yang menghadirkan pembicara yaitu Nita Sinthia Putri dan Faisal selaku mahasiswa universitas lampung.

Dalam kegiatan pelatihan usaha pembuatan batik ecoprint kali ini diikuti sejumlah 23 peserta dari ibu-ibu PKK Pekon Marga Jaya. Sebelumnya, para Mahasiswa sudah menyiapkan alat dan bahan, mulai dari daun alami, tawas, kain, hingga palu. Adapun teknik pembuatan yang digunakan adalah dengan teknik pukul tanpa proses perebusan (hapa zome).

Materi yang disampaikan pada acara tersebut membahas tentang pemanfaatan limbah daun untuk dijadikan berbagai macam produk yang memiliki keunikan dan unsur seni serta bernilai jual seperti selendang, kerudung, totte bag, outer, kaos, dan taplak meja demi mendukung kemandirian warga dalam hal ekonomi desa. Terdapat dua teknik dalam pembuatan ecoprint ini yaitu dikukus dan dipukul.

Yu alam selaku Kordes KKN Unila mengatakan “Acara tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Pekom Maraga Jaya, karena dapat dijadikan sebagai usaha untuk meningkatkan kreatifitas dan  kemampuan dalam berwirausaha.“

Bu Nur Lelawarti, selaku ketua kader PKK berpendapat bahwa acara ini sangat membantu warga.

“Harapan saya, kegiatan ini berlanjut seterusnya sehingga lebih baik dan berkembang. Ke depan kami akan membuat program khusus bersama ibu-ibu PKK untuk pengembangan inovasi UMKM dari produksi batik ecoprint agar menambah pendapatan ekonomi warga,” ujar Nur Lelawati.(mi)

Editors Team
Daisy Floren