ARMUZNA Jamaah Haji Pesawaran Aman Terkendali

ARMUZNA Jamaah Haji Pesawaran Aman Terkendali

Smallest Font
Largest Font

GMN Mina - Jamaah Haji Kabupaten Pesawaran yang tergabung dalam kloter 57 JKT dibawah komando H. Muhammad Yusuf dengan Petugas Bimbingan Ibadah Haji (TPIHI) KH. Ahmad Ma’shum Abror, dibantu Petugas Haji Daerah (PHD) Kabuapten Pesawaran KH. Rusdi Ubaidillah Abror dan H. Martin sebagai PHD Kabupaten Lambar, dr. Boegi Anisa Kinanti Ns. Mulyakin Oco D Ns. Eko Novri dari Tim Kesehatan, telah selesai melaksanakan kegiatan puncak haji di Arafah Muzdalifah dan Mina dilanjutkan dengan melempar Jumroh di Jamarat dengan formula Nafar Awal.

Dalam Laporannya, KH. Rusdi Ubaidilah yang juga merupakan Ketua MUI Kabupaten Pesawaran menyatakan, “Alhamdulillah semua Jamaah Haji Kabupaten Pesawaran yang bergabung dalam kloter 57 JKG telah selesai melaksanakan giat puncak haji di Armuzna dengan baik dan sesuai dengan harapan, memang ada jamaah resti (resiko tinggi) dan lansia yang melakuan kegiatan murur (tidak mabit di Muzdalifah) sesuai dengan kebijakan yang sampaikan oleh Kementerian Agama RI dan Kementerian Urusan Haji Negara Saudi dengan melihan kondisi Muzdalifah yang tempatnya semakin sempit karena dibangunnya fasilitas toilet serta bertambahnya jumlah jamaah haji pada tahun ini. Semua ini demi menghindari mafsadat, maka diberlakukan kebijakan murur ini.

Adapun untuk kegiatan selanjutnya, beliau menyarankan agar semua jamaah dalam melaksanakan thowaf ifadhoh, sya’i dan tahalul untuk memastikan kondisi jamaah yg dikoordinasikan oleh karom masing-masing, akan tetapi tetap berkoordinasi dengan Ketua Kloter dan Pembimbing Ibadah (Bimbad).

Selain itu, beliau juga sangat berharap untuk pelaksanaan Haji pada tahun-tahun yang akan datang, agar pelayanan untuk risti dan lansia perlu ditingkatkan dengan tetap menjadikan  kegiatan haji tahun ini sebagai bahan evaluasi. 

“Pelaksanaan Kegiatan Haji tahun ini sungguh luar biasa, akan tetapi tetap perlu dilakukan penyempurnaan terutama terkait pelayanan risti dan lansia," terangnya.(Red)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author