Waspada Banjir Susulan, Beberapa Warga Kecamatan di Kota Bandar Lampung Terpaksa Mengungsi

Waspada Banjir Susulan, Beberapa Warga Kecamatan di Kota Bandar Lampung Terpaksa Mengungsi

Smallest Font
Largest Font

Bandar Lampung, garismerahnews.com – Musim penghujan tiba, pemukiman warga di Kecamatan Kedamaian Kota Bandar Lampung digenangi air setinggi 1 meter lebih (30/12/2019).

Pemukiman warga Jl. Hi. Syarif, Kecamatan Kedamaian, Kota Bandar Lampung pada Sabtu malam digenangi air setinggi 1 meter lebih karena intensitas hujan yang sangat tinggi.

Volume air mulai bertambah sekitar pukul 20.30 malam. Menurut pengakuan warga setempat, banjir memang sempat meninggi sekitar 1 meter lebih karena hujan yang tak kunjung reda.

Dikarenakan volume air yang semakin bertambah, ada sebagian warga yang memilih untuk mengungsi ke masjid yang letaknya tidak jauh dari lokasi. Dan sisanya memilih tetap bertahan di rumahnya masing-masing meskipun keadaan air tinggi.

Tepat pada pukul 12 dini hari, volume air mengalami penurunan. Akan tetapi ketinggian debit air masih menyentuh angka 1 meter.

Menurut Apri yang merupakan salah satu relawan dari organisasi Indonesian Escorting Ambulance Lampung (IEA Lampung), yang berhasil kami temui pada pagi hari tadi menjelaskan bahwa pemukiman warga di Jl. Hi Syarif Kedamaian memang sering terkena banjir.

“Di daerah sini memang langganan banjir, jadi warga sini tidak kaget lagi kalau banjir ketika hujan lebat turun. Mungkin hanya ada sebagian warga yang mengungsi ke area yang lebih tinggi, biasanya di masjid yang tidak jauh dari sini,” ungkap Apri yang kami wawancarai disela-sela pembagian air bersih ke warga yang terkena banjir.

Selain banjir di Kecamatan Kedamaian dan Kecamatan Rajabasa, beberapa titik banjir di Kota Bandar Lampung juga masih ditemui. Warga berharap agar pemerintah bisa meminimalisir dampak naiknya debit air ketika musim hujan dengan lebih memperhatikan aliran drainase.[KIE]

Editors Team
Daisy Floren