Serut jadi Bonsai Terbaik di Kontes Peppung Bonsai Tahun 2020

Serut jadi Bonsai Terbaik di Kontes Peppung Bonsai Tahun 2020

Smallest Font
Largest Font

TULANG BAWANG BARAT (GMNews) –
Dari acara Peppung Bonsai Tubaba pada ahir tahun 2020, tanaman Bonsai jenis bahan bernama serut jadi bonsai terbaik dari 300an bonsai yang dihadirkan dari berbagai Kabupaten di Provinsi Lampung.

Hal itu diketahui setelah panitia kontes mengumumkan hasil penilaian oleh tim juri yang dihadirkan dari Jakarta dan Surabaya, Minggu (6/12/2020).

Dihadapan hadirin, panitia mengumumkan bahwa pemenang kontes tersebut adalah tanaman bonsai milik Yanto Kharisma, warga Tulangbawang Barat.

Kharisma dengan ekspesi ceria tersenyum bahagia mengungkapkan rasa bangga karena Bonsai nya sesuai penilaian tim, merupakan yang terbaik dalam ajang kontes tersebut.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dorongan mental kepada saya sehingga tanaman bonsai yang saya miliki telah dinyatakan terbaik,” tuturnya.

Menurut Kharisma, biaya perawatan bonsai miliknya itu dalam kurun waktu tak sampai dua tahun, berkisar 50 juta rupiah, namun karena hobi uang itu seakan tak diperhitungkan. Kini nilai bonsai jenis serut itu harganya berkisar seratus juta rupiah bila dinilai dengan uang.

“Tapi belum saya jual kok Bang, saya masih senang memilikinya, dan merasa enggan untuk menjual karena mengingat lelah ketika merawatnya dan akan sulit untuk mendapatkan bonsai seperti itu,” ujarnya.

Dia menceritakan, bahan bonsai dimaksud didapat dari pulau jawa kisaran awal tahun 2019 lalu, namun bukan berarti di Lampung tidak ada bahan bonsai yang sejenis, tetapi bentuk uniknya yang sulit dicari.

“Saya mulai menyukai tanaman bonsai belum lama Bang, baru kisaran lima tahun ini, karena saya sering melihat berbagai tanaman bonsai dan lainnya di komplek Islamik Center Tulangbawang Barat ini.”kata Yanto Kharisma.

Dari pantauan, dalam acara Peppung bonsai selama dua hari, sejak hari pertama hingga terahir banyak pengunjung yang lebih terfokus untuk foto bersama atau berswafoto dekat tanaman bonsai milik Kharisma yang dinyatakan terbaik.

Nampak di komplek Islamik Center yang juga lazim disebut Komplek dunia ahirat Kabupaten Tulangbawang Barat dipenuhi pengunjung yang cukup ramai pada acara Peppung Bonsai.

(elwan)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author