Selamat hari Nyepi untuk umat Hindu se indonesia

Selamat hari Nyepi untuk umat Hindu se indonesia

Smallest Font
Largest Font

Kluarga besar GMS dan GMN
GARIS MERAH MISTERI
garismerahnews.com
Mengucapkan selamat hari raya nyepi bagi umat hindu sedunia….salam sejahtera
kok
Makna dan filosofi OGOH OGOH menyambut
hari NYEPI
Pengertian Ogoh-Ogoh Dan Fungsinya. Ogoh-ogoh itu sendiri diambil dari sebutan ogah – ogah dari bahasa Bali yang artinya sesuatu yang digoyang-goyangkan. Pada jaman dulu merupakan bagian penting dalam sejarah di Bali, di kala itu masyrakat mulai dibuat wujud bhuta kala berkenaan dengan ritual Nyepi di . Karena pada Ketika itu ada keputusan presiden yang menyatakan Nyepi sebagai hari libur nasional. masyarakat mulai membuat onggokan yang kemudian disebut ogoh-ogoh, Budaya baru ini semakin menyebar ketika ogoh-ogoh diikutkan dalam Pesta Kesenian Bali ke XII.
Buat orang awam ogoh-ogoh adalah patung raksasa yang diarak keliling desa pada saat menjelang malam sebelum hari raya nyepi (ngerupukan) yang diiringi dengan gamelan bali trus kemudian untuk dibakar.

Ogoh-ogoh sendiri adalah karya seni patung dalam kebudayaan Bali yang menceritakan kepribadian Bhuta Kala. Dalam ajaran Hindu Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok yang besar dan menakutkan; biasanya dalam wujud Rakshasa. Selain wujud Raksasa ada pula wujud makhluk-makhluk yang hidup di alam astral/alam selain bumi bahkan Dalam perkembangannya, ada yang dibuat menyerupai penjahat ( sifat )
Bali sebagai salah suatu bagian indonesia yang selalu hadir dalam seni tinggi dimana menjadi sorotan dunia krn kebudayaan dan adatnya yg kuat tidak heran BALI di sebut PULAU DEWATA upacara Bahkan turus manca negara rela menginap di bali saat mau upacara nyepi hanya buat melihat tata cara dan budaya pembersihan” (ngerupukan), yang dilaksanakan sehari sebelum perayaan Nyepi, tahun baru Hindu … kesimpulan bahwa proses perayaan ogoh-ogoh melambangkan akan kekuatan alam semesta, yang maha dasyat, kekuatan itu di mengerti dengan sebutan kekuatan bhuana agung, yang artinya kekuatan alam raya, dan dan kekuatan bhuana alit yang berarti kekuatan dalam diri manusia
Salam sejahtera… om shanti..shanti
..shanti om…

Editors Team
Daisy Floren