Seba Baduy 2024, Sebanyak 1.500 Warga Baduy Turun Gunung Padati Pendopo Pemda Lebak

Seba Baduy 2024, Sebanyak 1.500 Warga Baduy Turun Gunung Padati Pendopo Pemda Lebak

Smallest Font
Largest Font

GMN Lebak - Masyarakat Suku Baduy atau Suku Kanekes yang terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. 

Memiliki upacara tradisional yang disebut dengan Seba.

Upacara tradisional Seba Baduy ini, merupakan sebuah tradisi yang dilakukan dalam rangka menyampaikan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah, dalam kurun waktu satu tahun.

Seba Baduy ini rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya. Kegiatan ini juga diisi dengan prosesi silaturahmi antara masyarakat suku Baduy dengan pemerintah setempat.

Tradisi Seba Baduy dilakukan di dua tempat, yaitu di Pendopo Kabupaten Lebak dan di Pendopo Gubernur Serang, Banten.

Sebanyak 1.500 warga Baduy akan mengikuti ritual Seba Baduy yang digelar di pendopo Pemerintah Daerah (Pemda) Lebak. 

Warga Baduy Dalam memulai perjalanan mereka dari Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar menuju pusat pemerintahan Kabupaten Lebak. Selain menjalankan ritual, mereka juga membawa hasil panen untuk diserahkan kepada pemerintah daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak, Budi Santoso mengatakan Seba Baduy tahun 2024 merupakan pagelaran Seba besar yang berbeda dengan tahun sebelumnya yakni akan sebanyak 1.500 warga Baduy.

"Seba kali ini Seba gede (besar-red) yang akan diikuti oleh 1.500 warga Baduy," kata Budi kepada wartawan, Jumat 17 Mei 2024.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Lebak membuat bermacam kegiatan untuk memeriahkan tradisi Seba Baduy. Kegiatannya selama 4 hari mulai tanggal 16-19 Mei 2024.

Kegiatannya ada gelar produk UMKM, camping ground, walking tour, penampilan kesenian, bincang budaya, gelar permainan tradisional. Semua acara ini terkonsentrasi di sekitar Alun-alun Rangkasbitung dan Pendopo Bupati Lebak.

Pemberitahuan pelaksanaan tradisi ini sudah dilayangkan masyarkat adat Baduy lewat surat bernomor 400.6/16/PEM/2001/V/2024 ke Pemerintah Kabupaten Lebak. (Dih)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author