Peringati Hari Kesaktian Pancasila Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika Membuka Pentas Seni Budaya Lintas Agama

Peringati Hari Kesaktian Pancasila Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika Membuka Pentas Seni Budaya Lintas Agama

Smallest Font
Largest Font

Lampung _GMNews

Kepolisian Daerah (Polda) Lampung turun menghadiri kegiatan Gebyar Budaya Lintas Agama yang mengusung tema “Merajut Kebhinekaan, Memperoleh Persatuan, dan Kesatuan Bangsa”  dalam kegiatan Gebyar Budaya Lintas Agama  menciptakan Harkamtibmas yang kondusif menuju Lampung Berjaya,” kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika

Bapak kapolda lampung juga melanjutkan acara Gebyar Budaya Lintas Agama ini juga bertujuan sebagai ajang silahturahmi antar anak bangsa yang ada di Lampung melalui budaya dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk menciptakan Harkamtibmas yang kondusif di wilayah Lampung.

“Juga dengan tujuan untuk melestarikan dan menjaga budaya-budaya nusantara yang tumbuh dan berkembang di Lampung,” tambahnya

Adapun  peserta dalam kegiatan tersebut antara lain dari perwakilan masyarakat pencinta seni dan budaya dari berbagai suku yang ada di Lampung. Mereka katanya, akan menampilkan dan menetaskan kesenian dan tarian daerah dalam kegiatan tersebut.

“Disamping acara Gebyar Budaya ini seluruh pencinta seni budaya yang ada Lampung berikrar bersama untuk selalu menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada dan tidak akan membedakan golongan,suku, dan ras”

Dalam sambutan Kapolda Lampung  sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gebyar Budaya Lintas Agama tersebut sebagai bentuk semangat kebersamaan masyarakat untuk tetap menjaga dan memelihara budaya bangsa sebagaimana yang telah diwariskan oleh para pendahulu bangsa yang senantiasa menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila di dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Bapak Kapolda Lampung mengatakan bahwa tugas kita semua untuk memberikan pemahaman bahwa kita saling menghargai perbedaan suku, agama, adat istiadat, dan budaya yang ada dimasyarakat sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika. Tentu terwujudnya partisipasi aktif dan kebersamaan antar anak bangsa yang ada di Lampung saling menghargai dalam perbedaan dan toleransi serta selalu mengedepankan musyawarah dan mufakat demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif menuju Lampung berjaya,” katanya.

Kegiatan yang di laksanakan di Lapangan Kalpataru Kemiling Bandar Lampung kegiatan  Gebyar Seni Lintas Budaya, Doa Bersama Lintas Agama dan Santunan Anak Yatim dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2023, yg dilaksanakan oleh DPW Pujakesuma Provinsi Lampung.

Kegiatan ini juga dihadiri Forpimda Prov. Lampung, FKUB Prov. Lampung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Ormas/LSM, masyarakat lintas Etnis. Massa yg hadir kurang lebih 5.000 peserta

Adapun beberapa Rangkaian Acara lainya seprti :
1. Penampilan Seni Tari (Lampung, Minang, Bali, Sunda, Jawa)
2. Penampilan Seni Daerah (Rampak Barong, Barongsai, Reog Ponorogo)
3. Doa Lintas Agama
4. Sambutan Ketua Panitia
5. Sambutan Kapolda Lampung
6. Penyerahan Simbolis Santunan anak Yatim.
7. Penyerahan Tokoh Wayang dari Ketua Pujakesuma Lampung Kepada Perwakilan Dalang.
8. Dilanjutkan Pagelaran Wayang lintas etnis (Lampung, Sunda, Bali, Wayang Kulit).

Saat ikegiatan masih berlangsung, dan selesiai situasi aman terkendali..

Publisher: Ajisaka

Editors Team
Daisy Floren