Awasi Pendistribusian BBM, Polda Kepri Pimpin Sidak Kantor Pertamina Batam Center 

Awasi Pendistribusian BBM, Polda Kepri Pimpin Sidak Kantor Pertamina Batam Center 

Smallest Font
Largest Font

GMN Batam - Tim Ditreskrimsus Polda Kepri melakukan sidak kantor Pertamina Batam Center dengan tujuan memastikan kelancaran distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam. Sabtu (30/3/24).

Sidak ini dilakukan secara tegas dan terstruktur, berdasarkan dugaan adanya temuan dan penangkapan manipulasi meter di berbagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). 

Disperindag didampingi Sales Brand Manager Pertamina Kepri dan dibantu dari anggota Ditreskrimsus Polda Kepri melakukan penindakan tegas terhadap SPBU sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

Kasus pengelola SPBU Pertamina sebenarnya acap kali melakukan kecurangan dengan memodifikasi atau dengan menambahkan alat tambahan pada meteran dispenser. Dan ini sudah sering terjadi.

Tak sulit menemukan kasus temuan kecurangan pengusaha SPBU Pertamina di berbagai berita media massa. Tercatat, beberapa kali kasus kecurangan di SPBU sampai viral di media sosial.

Selain dilakukan oleh pengelola atau pengusaha SPBU, ada pula kasus kecurangan kepada pembeli BBM yang dilakukan oleh petugas operator dispenser.

Setelah menjalankan serangkaian pengecekan yang ketat, tim menyimpulkan bahwa proses pendistribusian BBM di Provinsi Kepri, terutama di Kota Batam, berjalan lancar. 

Mesin pompa di SPBU juga telah memenuhi standar yang ditetapkan dan telah dilakukan tera, dengan segel yang masih terpasang dengan baik.

Selanjutnya, tim melakukan uji petik terhadap beberapa SPBU di Kota Batam dengan menggunakan bejana ukur 20 liter di setiap mesin pompa/nozle. 

Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa rata-rata kekurangan BBM tidak melebihi 100 ML, yang masih sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam Permendag No. 52 tahun 2019.

Ditreskrimsus Polda Kepri menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama dari semua pihak terkait dalam kegiatan sidak ini. 

"Dalam kerangka memastikan kelancaran dan kepatuhan dalam pendistribusian BBM, Polda Kepri akan terus mengawasi dengan cermat," ungkap Kasubdit 4 Tipidter Ditreskrimsus Polda Kepri Kompol Zamrul Aini, S.H., S.I.K., M.H., M.BA.

Kegiatan sidak tersebut yang dipimpin langsung oleh Kasubdit 4 Tipidter Ditreskrimsus Polda Kepri Kompol Zamrul Aini, S.H., S.I.K., M.H., M.BA., dan turut hadir juga dalam kegiatan ini beberapa pihak terkait, antara lain Gilang Hisyam (Sales Brand Manager Pertamina Kepri), serta perwakilan dari Disperindag Bapak Resdiyanto (Staf Metrologi Disperindag Kota Batam) serta anggota Ditreskrimsus Polda Kepri. (Ws)

Editors Team
Daisy Floren