APBN 2024 Di Optimalkan, Jokowi: Ingat, Ini Uang Rakyat!

APBN 2024 Di Optimalkan, Jokowi: Ingat, Ini Uang Rakyat!

Smallest Font
Largest Font

GMN Jakarta - Dilansir dari detik.com Presiden meminta APBN 2024 menjadi rencana anggaran terakhir yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Jokowi meminta agar anggaran terakhir di era kepemimpinannya ini bisa dioptimalkan penggunaannya.

Dia meminta agar kementerian dan lembaga segera menuntaskan agenda pembangunan yang belum selesai. Menurutnya, rencana pembangunan yang tuntas dapat menjadi pondasi yang kuat bagi pemerintahan berikutnya yang akan menjabat setelah Pemilu 2024.

"2024 adalah tahun terakhir pemerintah periode ini, saya pesan anggaran dioptimalkan. Tuntaskan agenda pembangunan yang belum selesai yang sudah direncanakan tapi belum dituntaskan untuk perkuat pondasi bagi pemerintah yang akan datang," tegas Jokowi saat acara penyerahan DIPA Anggaran 2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Jokowi juga mengingatkan agar anggaran yang dibelanjakan harus bisa memunculkan manfaat bagi masyarakat. Pasalnya anggaran pemerintah didapatkan dari uang rakyat.

Dia meminta agar orientasi kebijakan adalah untuk memunculkan hasil yang bisa dirasakan masyarakat. Jangan sampai kebijakan dilakukan berorientasi prosedur.

"Dan ingat, setiap rupiah yang dibelanjakan adalah uang rakyat, ini duitnya rakyat, harus fokus pada hasil. Orientasinya hasil, prosedur memang wajib, tapi orientasinya jangan prosedur, fokus ke hasil. Dan yang paling penting bermanfaat maksimal bagi rakyat," sebut Jokowi.

Di ujung pengarahannya, Jokowi meminta agar pemilu yang dilakukan tahun 2024 bisa dijaga kesejukannya. Pesta demokrasi menurutnya harus berjalan dengan damai dan berkualitas.

"Terakhir saya ingin agar pemilu serentak tahun depan yang kita lakukan terjaga kesejukannya. Perkuat kesatuan kerukunan sehingga pesta demokrasi bisa berjalan dengan damai dan berkualitas," pungkas Jokowi. (Red)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author